PEMERINTAH KABUPATEN CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
UPT PENDIDIKAN KECAMATAN PALIMANAN
Jl.Pabrik gula gempol Desa Palimanan Timur Kd.POS 45161 Palimanan Cirebon
LEMBAR PENGESAHAN
Setelah mengadakan penelitian Program Kerja US/M Tahun Pelajaran 2014/2015 maka selaku Kepala Unit Pelaksana Tehnik (UPT) Pendidikan Kecaamatan Palimanan Kabupaten Cirebon mengesahkan Program Kerja US/M ini untuk digunakan sebagai pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan US/M Tahun Pelajaran 2014/2015 di
SD Negeri 2 Lungbenda, agar dnapat terlaksana dengan tertib, aman dan lancar.
Ditetapkan di : Lungbenda
Pada Tanggal : 17 Mei 2015
Kepala UPT Pendidikan Kec. Palimanan
Dra.Hj.EMA SUKMAWATI,M.MPd
NIP. 19650402 200801 2 002
KATA PENGANTAR
Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa yang telah memberikan kekuatan kepada kami, sehingga Program Kerja US/M SDN 2 Lungbenda Kecamatan Palimanan dapat kami di susun dan rampungkan sesuai jadwal yang ditentukan.
Program ini disusun sebagai acuan pelaksanaan kegiatan US/M Tahun Pelajaran 2014/2015. Sebagai bahan acuan Program ini memuat rencana persiapan, pelaksanaan, penilain dan pelaporan sehingga diharapkan kegiatan US/M dapat berlangsung secara sistematis, terkendali dan memenuhi target sasaran dan tujuan.
Atas dasar tersusunnya program ini kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala UPT Pendidikan dan Bapak Pengawas TK/SD Kecamatan Palimanan yang telah banyak memberikan petunjuk dan bimbingan serta kritik dan saran. Begitu pula kepada rekan-rekan guru yang telah memberikan masukan sehingga menjadi lengkap dengan segala kebutuhan pelaksanaan.
Kami menyadari atas segala kekurangan yang mungkin ada karena keterbatasan kami dalam menyusun program ini. Oleh karena itu segala bentuk kritik dan saran tetap kami harapkan untuk penyempurnaan pelaksanaan nanti.
Harapan kami semoga program ini dapat dijadikan acuan sebagai mana mestinya. Sekian terima kasih.
Lungbenda, 17 Mei 2015
Kepala Sekolah
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : 19581104 197912 2 005
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................................................
KATA PENGANTAR .....................................................................................................................
DAFTAR ISI .................................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................................................
1.1. Latar Belakang ......................................................................................................
1.2. Maksud dan Tujuan ................................................................................................
1.3. Dasar Kegiatan ......................................................................................................
1.4. Sasaran dan Ruang Lingkup ..................................................................................
1.5. Sistematika .............................................................................................................
BAB II PENGORGANISASIAN .................................................................................................
2.1. Pengorganisasian Personil ...................................................................................
A. Struktur Organisasi Panitia Penyelenggara US SD/MI .....................
B. Susuna Panitia UN dan US.............................................................................
2.2. Pengorganisasian ..................................................................................................
BAB III RENCANA JADWAL TENTATIF KEGIATAN .................................................................
3.1. Rencana Kegiata US SD/MI .....................................................................
3.2. Jadwal Ujian Praktek dan Tertulis ............................................................................
BAB IV PEMBIAYAAN...................................................................................................................
4.1. Rencana Biaya Penyelenggaraan US SD/MI ...............................................
BAB V PEMERIKSAAN DAN PENILAIAN HASIL UJIAN ...........................................................
A. Pemeriksaan dan Penilaian ...................................................................................
B. Daftar Nilai Hasil Ujian ...........................................................................................
BAB VI PENETAPAN KELULUSAN DAN PENERBITAN IJAZAH .............................................
A. Penetapan Kelulusan Ujian Sekolah ......................................................................
B. Pengumuman Kelulusan dari Satuan Pendidikan....................................................
C. Penerbitan Ijazah.....................................................................................................
BAB V PENUTUP ........................................................................................................................
5.1. Kesimpulan ...............................................................................................................
5.2. Saran – Saran ...........................................................................................................
LAMPIRAN – LAMPIRAN
1. Surat Keputusan (SK) Kepala Sekolah tentang Panitia Penyelenggara Ujian Sekolah
Tahun Pelajaran 2014/2015
2. Surat Tugas Pengawas Bangunan, Pengawas Ruang, dan Korektor
3. Surat Pernyataan
4. Surat Pernyataan Telah Melaksanakan Tugas
5. Berita Acara Ujian Sekolah
6. Tata Tertib Pengawas Ruang
7. Tata Tertib Peserta US
8. Daftar Hadir Peserta Ujian Sekolah
9. Daftar Hadir Pengawas Ruang
10. Daftar Nilai Ujian Tertulis
11. Daftar Nilai Ujian Praktek
12. Denah Lokasi
13. Daftar Ijin Masuk / Meninggalkan Ruangan
14. Daftar Peserta US ( M16 )
15. Rambu-Rambu Ujian
16. Panduan Pelaksanaan Ujian Nasional
17. Kisi- Kisi Ujian Praktek i
ii
iii
1
1
1
1
1
2
4
4
4
5
5
6
6
8
10
10
11
11
11
12
12
12
13
14
14
14
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Dalam usaha melaksanakan Pendidikan Dasar 9 Tahun, US/M adalah alat untuk mengukur kemampuan siswa dalam menyerap hasil kegiatan belajar mengajar/proses pembelajaran seperti yang tercantum dalam Kurikulum KTSP dengan Implementasinya Keberhasilan siswa dalam memperoleh nilai US yang memuaskan adalah indikator keterlibatan guru dalam mendidik dan mengajar.
1.2. Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya US/M adalah sebagai berikut :
1) Menilai pencapaian Kompetensi Lulusan secara Nasional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).dan
2) Mendorong tercapainya target wajib belajar pendidikan dasar yang bermutu.
3) Merintis tercapainya standar bagi mutu Pendidikan Dasar.
4) Menyederhanakan prosedur pelaksanaan Ujian pada setiap sekolah penyelenggara.
5) Mempercepat peningkatan dan pemerataan mutu Pendidikan.
1.3. Dasar Kegiatan
Yang menjadi dasar pelaksanaan US/M adalah UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistenm Pendidikan Nasional, Surat Keputusan Mendiknas Nomor 0112/U/2002 tentang penghapusan Evaluasi Tahap Akhir Nasional, Sekolah Dasar, Sekolah Luar Biasa sekolah Luar Biasa Tingkat Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Dan nomor 012 /U/2002 tentang Sistem penilaian di Sekolah Dasar,Sekolah Dasar Luar Biasa Sekolah Luuar Biasa Tingkat Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Permendiknas nomor 23 tahun 2006 Tentang : Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendiknas No. 82 Tahun 2008 Tentang Ujian akhir Berstandar Nasional (UASBN) dan Ujian Sekolah (US/M),Permendiknas No.2 Tahun 2011 Tentang Ujian Sekolah SD/MI/dan SDLB, Prosedur Opersi Standar Ujian Nasional SD/MI Tahun Pelajaran 2014/2015 Nomor 0021/P/BNSP/I/2003 , Tanggal 15 Maret 2014 Hasil Rapat Dinas Kepala SD Se-Kecamatan Palimanan pada hari Jumat tanggal 16 Maret 2014.
1.4. Sasaran dan Ruang Lingkup.
Sasaran US adalah siswa kelas 6 yang tercantum dalam daftar M. 16 dengan jumlah peserta 36 siswa terdiri dari :
Peserta Laki-laki 17 anak dan peserta perempuan 19 anak.
Ruang Lingkup pelaksanaan US meliputi mata pelajaran yang diajarkkan di SD Negeri 2 Lungbenda yang terdiri dari :
Daftar Mata Pelajaran yang Diujikan
Dalam US/M SDN 2 Lungbenda Tahun Pelajaran 2014/2015
No. Mata Pelajaran Ujian Sekolah Keterangan
Praktik Tertulis
1. Pendidikan Agama V V
2. Pendidikan Kewarganegaraan - V
3 Bahasa Indonesia *) V V
4 Matematika - V
5 Ilmu Pengetahuan Alam V V
6 Ilmu Pengetahuan Sosial - V
7 Seni Budaya dan Keterampilan V -
8 Pendidkan Jasmani Olahraga dan Kesehatan V -
9
Muatan Lokal
a. Bahasa Sunda *)
V
V
b. Bahasa Cirebon *) V V
c. Budi Pekerti - V
d. Bahasa Inggris *)
Catatan :
*) Pada Ujian praktik mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda,Bahasa Inggris, Sekolah dapat mengujikan satu, dua atau tiga aspek (mendengarkan, berbicara, menulis) sesuai dengan kondisi sekolah.
1.5. Sistematika
A. Persiaopan
1. Program Kerja
2. SK Kepala Sekolah
3. Administrasi
a. Jadwal Pelaksanaan
b. Kartu Peserta
c. Daftar Hadir Peserta
d. Daftar Hadir Pengawas / Panitia
e. Tanda Pengenal Panitia & Pengawas
f. Tata Tertib Peserta & Pengawas
g. Surat Tugas Pengawas
h. Denah Lokasi
4. Tempat
a. Ruang Ujian Sekolah
b. Ruang Pengawas
c. Ruang Panitia
d. Ruang Lain-lain.
5. Keamanan dan Ketertiban
6. Surat Menyurat
7. Rapat – rapat
8. Nilai US, M.16 dan Album Foto
9. Pemeriksa dan Pengawas/Penguji.
B. Pelaksanaan
1. Pengarahan
2. Pembentukan Panitia
3. Penyusunan Kisi-kisi
4. Penyusunan Naskah Soal US dari Pusat
5. Penggandaan Naskah US dari Pusat
6. Penyerahan Soal US tertulis dan Praktek
7. Pelaksanaan Ujian Sekolah
a. Soal
b. Absen / Daftar Hadir
c. Pengumpulan Soal
d. Pengoreksian hasil dan US
e. Pengolahan Nilai
C. Penyelesaian
1. Laporan
a. Laporan Kilat
b. Laporan Lengkap
c. Laporan Keuangan
2. Keberhasilan
a. Pengumuman Tamat dan Lulus
b. Sertifikat STTB / Ijazah
c. Sertifikat Lulus
d. Nilai Ujian Sekolah
3. Penerimaan Dokumen
4. Analisa
a. Pelaksanaan
b. Keberhasilan
c. Alternatif dan pemecahan masalah
5. Program Tindak Lanjut.
BAB II
PENGORGANISASIAN
2.1. Pengorganisasian Personal
A. Organisasi Panitia Penyelenggara Ujian Sekolah Tahun 2014/2015 SD Negeri 2 Palimanan Timur Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon.
B. Susunan Panitia US/M Tahun Pelajaran 2014/2015
Kepanitian US/M Tahun Pelajaran 2014/2015 SD Negeri 2 Lungbenda Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon, dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah, berdasarkan hasil keputusan rapat pembentukan Panitia Penyelenggara US/M Pada hari Sabtu tanggal 16 Maret 2015
SUSUNAN PANITIA US/M
SD NEGERI 2 LUNGBENDA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SK Kepsek. No. 421.2/008-SD/V/2015
1. Penanggung Jawab : KEPALA UPT PENDIDIKAN KEC PALIMANAN
2. Ketua : NANI ASIH,S.Pd.SD ( Kep.Sekolah )
Nip. 19581104 197912 2 005
3. Sekretaris : GUGUN BAEGUNI
Nip.
4. Bendahara : Hj.SUNANI,S.Pd.SD.
Nip. 19650513 198612 2 002
5. Caraka : GUGUN BAEGUNI
Nip.
6. Anggota : Guru dan Penjaga SDN 2 Lungbenda
• Petugas Pengawas Ruang US :
1. EMY YUDIASTUTY,S.Pd.SD
Nip. 19580518 197803 2 008
2. SUHERTIN,A.Ma.Pd
Nip. 19590908 197803 2 001
3. TUNAJI,A.Ma.Pd
Nip. 19600719 198109 1 001
4. RUSLANI,S.Pd
Nip. 19620802 198410 1 005
5. MAKHMUD BUDIMAN,S.Pd.SD
6. SRI NANI,S.Pd
• Petugas Pemeriksa / Korektor :
1. KUSUMA ANGGRAENI,S.Pd
Nip.
2. Hj.SUNANI,S.Pd.SD
Nip. 19650513 198612 2 002
BAB III
JADWAL TENTATIF KEGIATAN
UJIAN SEKOLAH ( U.S/M )TINGKAT SD
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
3.1. Tahap Kegiatan Panitia UN dan US Tahun Pelajaran 2014/2015
NO URAIAN KEGIATAN WAKTU
1. Sosialisasi Permen Dikbud dan POS US/MI Januari 2015
2. Pendataan calon peserta ujian di masing-masing SD dengan menggunakan software Puspendik secara online Januari –Februari 2015
3. Pengiriman data Nilai Rapor Siswa Februari 2015
4. Pengolahan data calon peserta ujian di Kabupaten sampai penerbitan
Daftar Nominasi Sementara (DNS). Februari – Maret 2015
5. Masa Koreksi DNS (DNS diserahkan ke SD, dikoreksi dandikembalikan ke Kab./Kota) sampai diterbitkan Daftar Nominasi Tetap (DNT) Paling lambat 25 Maret 2015
6. Pendataan dan penerbitan SK penetapan SD penyelenggara ujian di Kabupaten. Maret 2015
7. Pengiriman data calon peserta dan SK penetapan SD penyelenggara ujian dari Kabupaten ke Provinsi. Paling lambat 31 Maret 2015
8. Latihan pelaksanaan US/M bagi calon peserta US/M Februari-Awal April 2015
9. Penyusunan soal US/M di Provinsi dengan melibatkan penulis soal
Dari kabupaten/kota Februari- Paling Lambat Awal Minggu ke-2 Maret 2015
10. Pencetakan Daftar Nominasi Tetap (DNT) dan Kartu Peserta Ujian (KPU). April-Paling lambat 8 Mei 2015
11. Pendistribusian DNT dan KPU ke SD melalui Panitia Tingkat Kecamatan. Paling Lambat 14 Mei 2015
12. Penempelan foto, penandatanganan, penyetempelan KPU di SD dan Penyerahannya kepada peserta ujian. 15-16 Mei 2015
13. Penyiapan bahan ujian sekolah oleh sekolah meliputi :
a. Penyusunan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) US
b. Penyusunan kisi-kisi
c. Penulisan soal dan perangkatnya
d. Penelaahan dan revisi soal
e. Perakitan perangkat tes dan penyiapan master copy
f. Penggandaan naskah / perangakat soal April- 12 Mei 2015
14. Penggandaan dan pengepakan perangakat soal dan lembar jawaban UN di Provinsi. 28 April- 8 Mei 2015 (Minggu ke-1)
15. Serah terima naskah soal US dari percetakan kepada panitia Provinsi. 9-14 Mei 2015
16. Serah terima naskah soal US dari panitia Provinsi kepada Panitia Kabupaten. 15-16 Mei 2015
17. Pendistribusian naskah soal US/M dari panitia kabupaten / kota ke kecamatan 17-19 Mei 2015 (utama)
27-29 Mei 2015 (susulan)
18 Pendistribusian naskah soal US dari Panitia Kecamatan ke SD/MI (bertahap sesuai jadwal US/M) 18-20 Mei 2015 (utama)
28-30 Mei 2015 (susulan)
19 Pelaksanaan US/M :
a. US/M utama (B.Indonesia, Matematika, dan IPA)
b. US/M susulan (B.Indonesia, Matematika, dan IPA)
c. US/M Tertulis Utama (Mata Pelajaran Lainya)
d. US/M Tertulis Susulan (Mata Pelajaran Lainya)
e. US/M Praktik Utama /susulan 18 – 20 Mei 2015
28 – 30 Mei 2015
21 – 23 Mei 2015
25 – 27 Mei 2105
02 Mei – 27 Juni 2015
20. Pengiriman Nilai Hasil US/M (diluar Mata Pelajaran yang diatur dalam POS) ke Provinsi secara On Line. 12 Juni 2015
21. Pengiriman lembar jawaban hasil US/M utama
dar SD penyelenggara ke Kecamatan diteruskan ke Kabupaten/Kota
(bertahap sesuai jadwal US/M). 18 – 20 Mei 2015
22. Pengiriman lembar jawaban hasil US/M susulan dari SD penyelenggara kepada panitia Kecamatan diteruskan ke Kabupaten
(bertahap sesuai jadwal US/M). 29 Mei – 1 Juni 2015
23. Scanning lembar jawaban hasil US/M Utama / susulan di
Kabupaten/ Kota. 18 – 30 Mei 2015
24. Pengiriman hasil scanning LJUS/M dari Kabupaten/Kota ke
Provinsi 1 Juni – Paling lambat
13 Juni 2015
25. Pengolahan / penilaian hasil scanning LJUS/M di Provinsi 15 Juni 2015
26 Pemeriksaan dan penilaian hasil Ujian Sekolah yang tidak diatur dalam POS 24 Mei – 9 Juni 2015
27. Pencetakan DKH UN / SKH US/M di Provinsi 14 – 16 Juni 2015
28. Penyerahan DKH UN / SKH US/M dari Provinsi ke Kabupaten/Kota 18 – 22 Juni 2015
29. Pencetakan SKH US/M di Provinsi 16 – 25 Juni 2015
30. Pendistribusian SKH US/M dari Provinsi Ke Kabupaten / Kota 26 – 29 Juni 2015
31. Penyelenggara US/M Tingkat Provinsi mengirimkan hasil scoring US/M
Dan hasil Pemindaian ke Penyelenggara US/M Tingkat Kabupaten/Kota Paling lambat Tgl. 22 Juni 2015
32. Penyelenggara US/M Tingkat Kabupaten/Kota mengirimkan hasil scoring US/M ke sekolah/Madrasah untuk digunakan pertimbangan dan penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan Paling lambat 23 Juni 2015
33. Rapat penentuan kelulusan di SD/MI 24 – 25 Juni 2015
34. Pengumuman kelulusan di masing-masing SD/MI 26 Juni 2015
35. Penyampaian Laporan kelulusan dar SD/MI ke Kecamatan direkap di Kabupaten/Kota dan diteruskan ke Provinsi 27 – 28 Juni 2015
36 Pendistribusian blangko Iijazah dari Provinsi ke Kabupatenkota/kecamatan diteruskan ke SD/MI 10 – 26 Juni 2015
37 Penulisan dan penandatangananijazah oleh SD/MI penyelenggara 27 – 29 Juni 2015
38 Pembagian Ijazah bagi siswa yang lulus dari satuan pendidikan 30 Juni 2015
39. Penyampaian laporan lengkap penyelenggaraan US :
a. dari SD penyelenggara ke Kecamatan
b. dari Kecamatan ke Kabupaten
c. dari Kabupaten ke Provinsi
d. dari Propinsi ke Pusat
1 – 4 Juli 2015
5 - 6 Juli 2015
7 – 11 Juli 2015
12 – 15 Juli 2015
3.2. Jadwal Pelaksanaan Ujian
A. Waktu Pelaksanaan Ujian
Ujian Sekolah (US)/M Tahun Pelajaran 2014/2015 dilaksanakan satu kali, terdiri dari ujian utama dan ujian susulan. Ujian Sekolah dilaksanakan dengan jadwal yang ditetapkan oleh sekolah
1. Ujian Sekolah
a. US/M terdiri atas US/M utama dan US susulan;
b. US susulan hanya berlaku bagi peserta didik yang sakit atau berhalangan hadir dan dibuktikan dengan surat keterangan yang sah;
c. US/M utama dilaksanakan pada tanggal 19-21 Mei 2014, sedangkan susulannya dilaksanakan pada tanggal 26,28,30 Mei 2014 dengan jadwal sebagai berikut :
JADWAL US/M SD
Tahun Pelajaran 2014/2015
NO Jenis UN HARI DAN TANGGAL WAKTU MATA PELAJARAN
1. US/M Utama Senin, 18 Mei 2015 08.00 – 10.00 Bahasa Indonesia
US/M Susulan Senin, 28 Mei 2015
2. US/M Utama Selasa 19 Mei 2015 08.00 – 10.00 Matematika
US/M Susulan Rabu 29 Mei 2015
3. US/M Utama Rabu, 20 Mei 2015 08.00 – 10.00 Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
US/M Susulan Jum’at, 30 Mei 2015
2. Ujian Sekolah
a. Ujian Tertulis.
Ujian Sekolah dilaksanakan dan mencakup semua mata pelajaran di SD Jadwal ujian secara rinci diatur oleh masing-masing sekolah. Namun demikian sebagai acuan , dapat digunakan jadwal sebagai berikut :
JADWAL UJIAN SEKOLAH (US)
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
NO Jenis US HARI DAN TANGGAL WAKTU MATA PELAJARAN
1. US Utama
US Susulan Kamis, 22 Mei 2015
Senin, 02 Juni 2015 07.30-09.00
09.30-11.00 Pendidikan Agama
Pend. Kewarganegaraan
2. US Utama
US Susulan Jum’at, 23 Mei 2015
Selasa,03 Juni 2015 07.30-09.00
09.30-11.00 Ilmu Pengetahuan Sosial
Bahasa Sunda
3. US Utama
US Susulan Sabtu, 24 Mei 2015
Rabu,04 Mei 2015 07.30-09.00
09.30-11.00 Bhs. Cirebon
Budi Pekerti
Keterangan :
Waktu US bagi PDBK dapat ditambah maksimal 20 %
b. Ujian Praktik
Ujian Praktik dilaksanakan sebelum/dan sesudah US/M tertulis dan sebelum US/M.Jadwal Ujian praktik diatur oleh masing-masing sekolah dengan memanfaatkan hari-hari kosong pada minggu yang sama dengan jadwal ujian sekolah tertulis, atau hari-hari lain sebelum/sesudah jadwal pelaksanaan ujian sekolah tertulis sesuai dengan POS. Sebagai acuan dapat digunakan jadwal sebagai berikut :
c
JADWAL UJIAN PRAKTIK
SD NEGERI 2 LUNGBENDA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
NO HARI/ TANGGAL MATA PELAJARAN PENGUJI
1 Rabu, 02 April 2015 Pendidikan Agama Islam MAKHMUD BUDIMAN,S.Pd.I
2 Kamis, 03 April 2015 Bahasa Indonesia KUSUMA ANGGRAENI,S.Pd
3 Jum’at, 04 April 2015 Bahasa Cirebon TUNAJI,A.Ma.Pd
4 Sabtu, 05 April 2015 Bahasa Sunda SRI NANI
5 Senin,07 April 2015 IPA Hj. SUNANI
6 Selasa, 08 April 2015 SBK EMY YUDIASTUTY,S.Pd.SD
SUHERTIN,A.Ma.Pd
7 Kamis, 10 April 2015 PJOK RUSLANI,S.Pd
BAB IV
PEMBIAYAAN
RENCANA BIAYA PENYELENGGARAAN US/M
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
NAMA SEKOLAH : SD NEGERI 2 LUNGBENDA
KECAMATAN : PALIMANAN
JUMLAH PESERTA : 36 SISWA
NO URAIAN KEGIATAN JUMLAH
(RP) PPh
15 % JUMLAH
(RP)
1. PENGADAAN BAHAN HABIS PAKAI
1.1 Pengadaan Bahan US Praktek
36 Siswa x 7 MP x Rp. 5.000 1.260.000 1.071.000
1.2 FOTO COPY US/M DAN US
1 Kegiatan x Rp 750.000 750.000 637.500
1.3 BAHAN PELAPORAN
1 Kegiatan x Rp 750.000 750.000 637.500
1.4 PENGGANDAAN NASKAH SOAL DAN KELENGKAPAN US
36 Siswa x Rp 32.000 1.152.000 979.200
2. BELANJA PEGAWAI
2.1 HONOR
2.1.1 HONOR PENYUSUNAN KISI-KISI DAN SOAL US PRAKTEK
1 Orang x 2 Kegiatan x 7 MP x Rp 25.000 350.000 52.500 297.500
2.2 TRANSPORT LOKAL
2.2.1 TRANSPORT PENGUJI
2 Orang x 7 MP x Rp 25.000 350.000 297.500
2.2.2 TRANSPORT PENGAWAS RUANG US/M
2 Ruang x 2 Orang x 3 Hari x Rp 25.000 300.000 255.000
2.2.3 TRANSPORT PENGAWAS RUANG US
2 Ruang x 1 Orang x 3 Hari x Rp 25.000 150.000 127.500
2.2.4 TRANSPORT PEMERIKSA LEMBAR JAWABAN US TULIS
36 Siswa x 6 MP x 2 Orang x Rp 1.000 432.000 367.200
2.2.5 TRANSPORT PENDISTRIBUSIAN NASKAH SOAL DAN LJUS/M
1 Orang x 2 Kegiatan x 3 Hari xRp 25.000 150.000 127.500
2.2.6 TRANSPORT PENDISTRIBUSIAN NASKAH SOAL DAN LJUS
2 Kegiatan x 1 Orang x Rp 25.000 50.000 42.500
2.2.7 TRANSPORT SOSIALISASI US/M
4 Kegiatan x 1 Orang x Rp 25.000 100.000 85.000
2.2.8 TRANSPORT PETUGAS PIKET MALAM PENGAWAS NASKAH US/M
1 Orang x 5 Hari x Rp 25.000 125.000 106.250
2.2.9 TRANSPORT PELAPORAN PELAKSANAAN US/M DAN US
1 Orang x 2 2 Kegiatan x Rp 25.000 50.000 42.500
JUMLAH 5.969.000 52.500 5.916.500
Lungbenda, 17 Mei 2015
Mengetahui; Bendahara
Kepala SD Negeri 2 Lungbenda
NANI ASIH,S.Pd.SD Hj.SUNANI,S.Pd.SD
NIP : 19581104 197912 2 005 NIP : 19650513 198612 2 002
BAB V
PEMERIKSAAN DAN PENILAIAN HASIL UJIAN
A. Pemeriksaan / Penilaian
Hasil Ujian tulis dan praktik / dikoreksi dan dinilai oleh guru/tim guru dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. Pemerikasaan Ujian Tertulis dilakukan di sekolah atau tempat lain yang telah ditentukan oleh kepala sekolah penyelenggara
2. Penilaian dilakukan secara objektif dengan berpedoman pada kunci jawaban dan pedoman penilaian setiap mata pelajaran
3. Pemeriksaan hasil Ujian Tertulis dilakukan oleh dua orang korektor, nilai akhir merupakan rata-rata nilai dari keduanya. Jika terjadi perbedaan nilai 2,00 atau lebh maka diperlukan korektor ke tiga dan nilai akhir adalah nilai rata-rata dari ketiganya
4. Penilaian hasil Ujian praktik dilakukan oleh guru / tim guru yang bersangkutan
B. Daftar Nilai Hasil Ujian
1. Daftar nilai hasil ujian diterbitkan oleh sekolah penyelenggara dan ditandatangani oleh kepala sekolah penyelenggara
2. Daftar nilai hasil ujian diisi oleh sekolah penyelenggara berdasarkan hasil ujian setiap peserta dalam bentuk angka dan huruf dengan rentang nilai 0 – 10 dengan 2 (dua ) decimal dibelakang koma.
BAB VI
PENETAPAN KELULUSAN DAN PENERBITAN IJAZAH
A. Penetapan kelulusan Ujian Sekolah
A. Kelulusan Ujian Sekolah US/M
1. Kriteria kelulusan US/M ditetapkan oleh setiap sekolah yang peserta didiknya mengikuti Ujian Nasional
2. Peserta didik dinyatakan lulus US/M pada SD apabila peserta didik telah memenuhi criteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan nilai sekolah
3. Nilai sekolah yang diperoleh dari rata-rata gabungan nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 7,8,9,10 dan 11 dengan pembobotan 60% untuk nilai Us dan 40% untuk nilai rata-rata rapor (nilai rapor yang dilaporkan oleh pihak sekolah adalah nilai rapor murni / bukan nilai rata-rata rapor khusus unntuk mata pelajaran yang di US/M kan disertai dengan nilai US murni)
4. Kelullusan peserta didik dari US ditentukan berdasarkan NA
5. NA sebagaimana dimaksud pada ayat 1 diperoleh dari nilai rata-rata gabungan nilai S/M dari mata pelajaran yang di Uji Nasionalkan dan nilai US/M dangan formula 60% nilai US dan 40% nilai sekolah
6. Criteria kelulusan US/M ditetapkan melalui rapat dewan guru berdasarkan :
a. Nilai minimal setiap mata pelajaran yang diujinasionalkan
b. Nilai rata-rata ketiga mata pelajaran yang diujinasionalkan
B. Kelulusan Ujian Sekolah
1. Kriteria kelulusan US/M ditetapkan oleh setiap sekolah yang peserta didiknya mengikuti Ujian Sekolah/ US/M
2. Peserta didik dinyatakan lulus US/M apabila telah memenuhi criteria kelulusan yang telah ditetapkan berdasarkan perolehan nilai sekolah (NS)
3. Nilai sekolah diperoleh dari rata-rata gabungan nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 7 ,8, 9, 10, dan 11 (semester 1 dan 2 kelas IV semester 1 dan 2 Kelas V dan Semester 1 kelas VI)
4. Criteria kelulusan US/M ditetapkan melalui rapat dewan guru mencakup
a. Batas nilai minimal setiap mata pelajaran yang di ujikan
b. Nilai rata-rata seluruh mata pelajaran yang diujikan
5. Kelulusan US/M digunakan sebagai salah satu pertimbangan penentuan kelulusan dari sekolah
B. Pengumuman Kelulusan dari Satuan Pendidikan
Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan melalui rapat dewan guru setelah :
1. Menyelesaikan selururh program pembelajaran
2. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran Agama dan pendidikan budi pekerti kelmpok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan, penilaian akhir dilakukan dengan mempertimbangkan :
a. Nilai pada Ujian Sekolah
b. Penilaian pendidik atas aspek afektif dan psikomotor yang didasarkan pada pengamatan pendidik terhadap sikap dan perilaku peserta didik
3. Lulud Ujian Sekolah (US)/M untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
4. Lulus US/M
Pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan tgl.21 Juni 2014
C. Penerbitan Ijazah
1. Blangko ijazah bersifat nasional dan disediakan oleh pemerintah pusat
2. Distribusi ijazah kesekolah dilakukan oleh dinas pendidikan provinsi berdasarkan laporan kelulusan Ujian
3. Nilai Akhir (NA) dan Nilai Sekolah (NS) dicantumkan kedalam ijazah
4. Pengisian blangko ijazah dilakukan oleh sekolah penyelenggara ujian berdasarkan DKHUS nilai hasil ujian sekolah dan pedoman yang berlaku
5. Sekolah yang tidak menjadi penyelenggara ujian, menyerahkan hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan kepada sekolah penyelenggara
6. Ijzah diterbitkan dan ditandatangani oleh kepala sekolah penyelenggara ujian serta di bubuhi stempel
BAB VI
PENUTUP
5.1. Kesimpulan
US/M dan US merupakan salah satu penetu dan tolok ukur akan keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan proses pembelajaran di Sekolah Dasar, yang pada akhirnya menentukan lulus/tamat atau tidaknya siswa duduk di jenjang Pendidikan Sekolah Dasar.
Diharapkan kepada semua siswa supaya dapat mengevaluasi diri melalui kegiatan UN dan US tersebut. Di samping dapat mengetahui kemampuannya melaluikegiatan US/M dan US, juga diharapkan dapat memacu keberhaasilan belajarnya untuk mengikuti jenjang berikutnya.
Sedangkan bagi guru kelas supaya dapat meningkatkan teknik-teknik dalam menyampaikan pelajaran sehingga pada akhirnya dapat mencapai hasil yang maksimal. Program kerja ini tersusun berkat kerja sama dan bantuan semua pihak, oleh karena itu kami menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu tersusunnya program kerja ini.
Semoga ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait langsung maupun tidak langsung karena program kerja ini dapat dijadikan acuan/ pedoman dalam pelaksanaan US/M dan US Tahun Pelajaran 2014/2015 di SD negeri 2 Lungbenda Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon.
Kritik dan saran sangat kami harapkan demi penyempurnaan dalam penyusunan program kerja yang akan datang.
5.2. Saran – saran
Pelaksanaan US/M dan US pada tahun mendatang diharapkan agar pengalokasian anggaran
( Subsidi Pemerintah ) dapat disesuaikan lagi, khususnya bagi sekolah yang jumlah muridnya sedikit, sehingga pihak sekolah tidak kerepotan dalam mengatur pengeluaran untuk mencukupi dan menanggulangi anggaran yang minim tersebut.
Lungbenda, 17 Mei 2014
Kepala Sekolah
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP :19581104 197912 2 005
PEMERINTAH KABUPATEN CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
UPT PENDIDIKAN KECAMATAN PALIMANAN
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LUNGBENDA
Alamat : Jl.Ki patih Waringin Blok. Sibungkus Ds. Lungbenda Kec. Palimanan 45161
SURAT KEPUTUSAN
KEPALA SD NEGERI 2 LUNGBENDA
KECAMATAN PALIMANAN KABUPATEN CIREBON
Nomor : 422.4/03-SD/2014
TENTANG
PENETAPAN PEDOMAN PELAKSANAAN DAN KEPANITIAAN US/M
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Menimbang : a. Bahwa Ujian NS Ujian Sekolah (US/M) dan Ujian Sekolah (US) merupakan puncak kegiatan proses pembelajaran dengan maksud untuk mengetahui standar mutu pengetahuan dan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan program pendidikan.
b. Bahwa penyelenggaraan US/M telah diatur oleh Keputusan Menteri Pendidikan Nasional.
c. Bahwa berdasarkan hal tersebut di atas dalam pelaksanaan US/M dan US perlu menetapkan keputusan susunan Panitia Penyelenggara
Mengingat : US/M dan US Tahun Pelajaran 2014/2015 :
a. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
b. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
c. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebuyaan Nomor 59 Tahun 2011 Tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015 .
d. Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0021/P/BNSP/I/2015 tanggal 29 Januari 2014 tentang Presedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional Sekolah Dasar , Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa Tahun Pelajaran 2014/2015
e. Permendiknas No. 82 Tahun 2008 Tentang Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional
f. Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor 0021/P/BNSP/I/2015 Tanggal 29 Januari 2014. Tentang Prosedur Operasi Standar (POS) Pencetakan Bahan Ujian Nasional SD/MI Tahun 2014/2015
g. Permendiknas No. 2 Tahun 2015 Tentang Ujian Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Dan Sekolah Dasar Luar Biasa Tahun Pelajaran 2014/2015
Memperhatikan : 1. Petunjuk Teknis Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon Tahun 2014/2015
Nomor : 422.1/ Kep.517-Disdik/2014
2. Rapat Dinas Kep. Sekolah Se Kec.Palimanan pada tanggal 15 Maret 2014
MEMUTUSKAN
Menetapkan :
Pertama : Pedoman Pelaksanaan US/M dan US Tahun Pelajaran 2014/2015
Kedua : Menunjuk Panitia Penyelenggara US/M dan US Tahun Pelajaran
2014/2015 seperti tercantum dalam daftar lampiran I
Ketiga : Memberi tugas kepada guru-guru dalam kegiatan membuat naskah soal Ujian Sekolah
tertulis dan praktek seperti tercantum dalam daftar lamp. II
Keempat : Memberi tugas kepada guru-guru sebagai penguji, pengawas ruang dan pemeriksa/
korektor seperti tercantum dalam daftar lampiran III
Kelima : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan apabila ada kekeliruan dalam keputusan
ini akan diadakan perbaikan seperlunya, kepada yang namanya tercantum dalam lampiran
surat keputusan ini agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.
Ditetapkan di : Lungbenda
Pada tanggal : 16 Mei 2014
Kepala Sekolah
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : 19581104 197912 2 005
Lampiran I : SK Kepala Sekolah : SDN 2 Lungbenda
Nomor : 422.4/019-SD/2014
Tanggal : 17 Mei 2014
Tentang : Panitia Penyelenggara US/M dan US
Tahun Pelajaran 2014/2015
SUSUNAN PANITIA PENYELENGGARA
US/M DAN US
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
I. Panitia Inti :
NO N A M A JABATAN
KETERANGAN
1.
2.
3.
4.
5.
6.
NANI ASIH,S.Pd.SD
GUGUN BAEGUNI
Hj.SUNANI,S.Pd.SD
KUSUMA ANGGRAENI,S.Pd
MAKHMUD BUDIMAN,S.Pd.I
SRI NANI
Ketua
Sekretaris
Bendahara
Caraka
Anggota
Anggota
Kepala Sekolah
Guru
Guru
Guru
Guru
Guru
II . Petugas Pengawas Ruang US/M :
1. ENI JUWENI
NIP. 19580426 197703 2 001
2. SRI ASTUTI, S.Pd.SD
NIP. 19610120 198204 2 009
3. KARNITI, S.Pd.SD
NIP. 19660517 200801 2 002
4. IKSANUDIN
NIP. 19680320 200701 1 008
5. RUSAMA, S.Pd.SD
NIP. 19611003198305 1 002
6. SOFIAH, S.Pd.I
NIP. -
.
III Petugas Pemeriksa / Korektor :
1. Hj.SUNANI,S.Pd.SD
NIP. 19650513 198612 2 002
2. KUSUMA ANGGRAENI,S.Pd
NIP. -
Kepala SD Negeri 2 Lungbenda
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : 19581104 197912 2 005
Lampiran II : SK Kepala Sekolah : SDN 2 Lungbenda
Nomor : 422.4/03-SD/2014
Tanggal : 01 April 2014
Tentang : Panitia Penyelenggara UN dan US
Tahun Pelajaran 2014/2015
DAFTAR PENYUSUN NASKAH SOAL UJIAN SEKOLAH TERTULIS DAN PRAKTIK
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
NO N A M A MATA PELAJARAN
KETERANGAN
1.
2.
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
MAKHMUD BUDIMAN.Pd.I
TUNAJI,A.Ma.Pd
KUSUMA ANGGRAENI,S.Pd
HJ. SUNANI,S.Pd.SD
SRI NANI
KUSUMA ANGGRAENI,S.Pd
EMY YUDIASTUTY,S.Pd.SD
RUSLANI, S.Pd
SRI NANI
TUNAJI,A.Ma.Pd
SUHERTIN,A.Ma.Pd
KUSUMA ANGGRAENI,S.Pd
Pen Agama Islam
PKn
Bahas Indonesia
I P A
I P S
Matematika
S B K
Penjaskes
Bahasa Sunda
Bahasa Cirebon
SBK
Budi pekerti
Tertulis dan Ppraktik
Tertulis
Tertulis dan Praktik
Tertulis dan Praktik
Tertulis
Tertulis
Praktik
Praktik
Tertulis dan Praktik
Tertulis dan Praktik
Tertulis dan Praktik
Tertulis
Kepala SD Negeri 2 Lungbenda
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : 19581104 197912 2 005
Lampiran III : SK Kepala Sekolah : SDN 2 Lungbenda
Nomor : 422.4/018-SD/2015
Tanggal : 01 April 2015
Tentang : Panitia Penyelenggara UN dan US
Tahun Pelajaran 2014/2015
PEMBAGIAN TUGAS GURU SEBAGAI PENGUJI DAN KOREKTOR
UJIAN SEKOLAH ERTULIS DAN PRAKTIK
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
NO N A M A MATA PELAJARAN
KETERANGAN
1.
2.
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
MAKHMUD BUDIMAN.Pd.I
TUNAJI,A.Ma.Pd
KUSUMA ANGGRAENI,S.Pd
HJ. SUNANI,S.Pd.SD
SRI NANI
KUSUMA ANGGRAENI,S.Pd
EMY YUDIASTUTY,S.Pd.SD
RUSLANI, S.Pd
SRI NANI
TUNAJI,A.Ma.Pd
SUHERTIN,A.Ma.Pd
KUSUMA ANGGRAENI,S.Pd
Pen Agama Islam
PKn
Bahas Indonesia
I P A
I P S
Matematika
S B K
Penjaskes
Bahasa Sunda
Bahasa Cirebon
SBK
Budi pekerti
Tertulis dan Ppraktik
Tertulis
Tertulis dan Praktik
Tertulis dan Praktik
Tertulis
Tertulis
Praktik
Praktik
Tertulis dan Praktik
Tertulis dan Praktik
Tertulis dan Praktik
Tertulis
Kepala SD Negeri 2 Lungbenda
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : 19581104 197912 2 005
PANITIA PENYELENGGARA
UJIAN SEKOLAH (US)/M DAN UJIAN SEKOLAH (US)
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LUNGBENDA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SURAT TUGAS
Nomor : 421.2 / ….. – SD
Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala SD Negeri 2 Lungbenda Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon, memberi Tugas kepada :
N a m a : EMY YUDIASTUTY,S.Pd.SD
N I P : 19580518 197803 2 008
Jabatan : Guru SDN 2 Lungbenda
Untuk Menjadi : Pengawas Bangunan / Pengawas Ruang / Korektor *
Pada Tanggal : ……………………………….
Tempat : SD Negeri ……………………
Nomor Kode : ……………………………….
Perincian hasil koreksi :
a. Bentuk Soal Isian / Pilihan Ganda = ……………Lk siswa = …………Jam
b. Bentuk Uraian / Essay / Mengarang = ……………Lk siswa = …………Jam
c. Praktek (Jaskes/Keterampilan/Kesenian) = ……………Lk siswa = …………Jam
Jumlah = ……………Lk siswa = …………Jam
Lungbenda, Mei 2014
Mengetahui; Ketua Panitia Penyelenggara
Kepala UPT Pendidikan Kec.Palimanan Kepala SD Negeri 2 Lungbenda
HJ. AFIFAH MAWARDI,S.Sos.Msi NANI ASIH,S.Pd.SD
Nip. 19580206 197803 2 003 Nip. 19580628 197803 2 007
PANITIA PENYELENGGARA
US/M DAN US
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : 19581104 197912 2 005
Jabatan / Pekerjaan : Kepala SD Negeri 2 Lungbenda
Alamat Kantor : Jl.Tol Lungbenda Ds.Lungbenda Kec.Palimanan Kab.Cirebon
Sebagai pelaksana dalam kegiatan US/M dan US dengan ini menyatakan bahwa saya :
1. Menyadari hakekat dan kerahasian penyelenggara Ujian Sekolah sebagai tugas negera yang penyelenggaraannya diserahkan kepada saya.
2. Akan memegang teguh kerahasian tersebut.
3. Tidak akan memberitahukan / menyampaikan atau membocorkan kepada siapapun, segala sesuatu yang telah saya ketahui dan saya kerjakan dalam pelaksanaan tugas tersebut di atas, dengan cara apapun, baik langsung maupun tidak langsung.
Pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dalam keadaan sadar, tanpa dipaksa pihak lain, saya tanda tangani dengan penuh tanggung jawab dan menyadari apabila saya melakukan perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan pernyataan di atas saya bersedia dituntut sesuai dengan Undang-undang/Hukum yang berlaku.
Dibuat di : Lungbenda
Pada tanggal : 16 Mei 2015
Yang membuat pernyataan
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : 19581104 197912 2 005
PANITIA PENYELENGGARA
US/M DAN US
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SURAT PERNYATAAN TELAH MELAKSANAKAN TUGAS
Nomor : 421.2 /020- SD/V/2015
Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala SD Negeri 2 Lungbenda Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon, memberi tugas kepada :
Nama : NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : 19581104 197912 2 005
Pangkat/Gol.Ruang : Pembina IV/B
Jabatan : Ketua Panitia Penyelenggara US/M dan Us
Tahun 2014/2015
Dengan ini menyatakan bahwa :
Nama : ………………………………………
NIP : ……………………………………….
Pangkat/Gol.Ruang : ……………………………………….
Jabatan : ……………………………………….
Unit Kerja : ……………………………………….
a. Telah melaksanakan kegiatan menguji / mengawas / * US/M dan US Tahun Pelajaran 2014/2015 dari tanggal 18 - 20 Mei 2015 mata pelajaran semua mata pelajaran yang diujikan.
b. Telah melaksanakan kegiatan mengoreksi hasil US Tahun Pelajaran 2014/2015 tanggal ……………… sd. …………………………… mata pelajaran ………………………………………
Demikian pernyataan ini kami buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Lungbenda, Mei 2015
Ketua Panitia Penyelenggara
Kepala SDN 2 Lungbenda
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : 19580628 197912 2 005
BERITA ACARA
UJIAN SEKOLAH US/M
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Pada hari ini Rabu Tanggal 21 Bullan Mei Tahun 2015
a. Telah diselenggarakan US/M dan US SD/MI Tahun Pelajaran 2014/2015
Dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Dari pukul 08:00 s/d pukul 10:00
Pada Sekolah : SD NEGERI 2 LUNGBENDA
Ruang : 1 (Satu)
Jumlah Peserta : 20 Siswa
Seharusnya : 20 Siswa
Yang hadir : 20 siswa
Yaitu Nomor : - …………………………………………………….
………………………………………………………………
………………………………………………………………
Yang Tidak hadir : …………-……….. orang yaitu nomor : ………………
……………………………………………………………..
b. Sampul US/M/ US Kode ………….** telah dibuka di ruang ujian dengan disaksikan oleh peserta, berisi lembaran soal sebanyak …………………………….. eksemplar, lembar jawaban ………………………………… eksemplar, berita acara ………………………………...
Eksemplar, dan daftar nilai ……………………………………….. eksemplar.
c. Catatan selama pelaksanaan
………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………..
Berita acara ini dibuat dengan sesungguhnya.
Yang membuat Berita Acara ,
Pengawas I, Pengawas II,
Tanda Tangan : ……………………………… Tanda tangan : ……………………………….
Kode Pengawas : ……………………………… Kode Pengawas : ……………………………….
NIP : ……………………………… NIP : ………………………………..
+ Diisi dengan mata ppelajaran jam tersebut atau pada jam itu.
+ Diisi dengan mata pelajaran pada sudut kanan atas anplop atau sudut kanan lembar soal.
PANITIA PENYELENGGARA
US/M DAN US
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
TATA TERTIB PENGAWAS RUANG US/M DAN US
A. Persiapan US/M
1. Tiga puluh (30) menit sebelum ujian dimulai Pengawas Ruang US/M dan US telah hadir di lokasi sekolah penyelenggara US/M /US;
2. Pengawas Ruang US/M dan US menerima penjelasan dan pengarahan dari Ketua Penyelenggara UN/US;
3.. Pengawas Ruang UN/US menerima bahan US/M /US yang berupa naskah soal US/M , LJUS/M, Anplop LJUN/US, Daftar hadir, dan Berita Acara Pelaksanaan US/M;
B. Pelaksanaan US/M
1. Pengawas Ruang US/M masuk ke dalam ruang US/M 20 menit sebelum waktu pelaksanaan dan memeriksa kesiapan ruang ujian;
2. Pengawas Ruang US/M mempersilahkan peserta US/M, untuk memasuki ruang US dengan menunjukkan kartu peserta US/M dan menempati tempat duduk sesuai nomor yang telah ditentukan ;
3. Pengawas Ruang US/M memeriksa setiap peserta US/M untuk tidak membawa tas, buku atau catatan lain, alat komunikasielektronik, kalkulator dan sebagainya ke dalam ruang US/M kecuali alat tulis yang akan diperrgunakan;
4. Pengawas Ruang US/M membacakan tata tertib US/M
5. Pengawas Ruang US/M meminta peserta ujian memnanda tangani Daftar Hadir US/M.
6. Pengawas Ruang US/M membagikan LJUS/M kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta US/M (nomor ujian, nama, tanggal lahir, dan tanda tangan) sebelum waktu US/M dimulai.
7. Setelah seluruh peserta US/M selesai mengisi identitas, Pengawas Ruang US/M membuka anplop soal, memeriksa kelengkapan bahan ujian, dan (duisegel) disaksikan oleh peserta ujian.
8. Pengawas Ruang US/M dan US membagikan naskah soal US/M dengan cara meletakan di atas meja peserta US/M dalam posisi tertutup (terbalik). Peserta US/M tidak diperkenankan menyentuhnya sampai tanda waktu US/M dimulai
9. Pengawas Ruang US/M mengecek kelengkapan soal US/M.
10. Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai, Pengawas Ruang US/M mempersilahkan peserta US/M untuk mulai mengerjakan soal dan mengingatkan peserta agar terlebuh dahulu membaca petunjuk cara menjawab soal.
11. Kelebihan naskah soal US/M selama ujian berlangsung tetap disimpan di ruang ujian.
12. Selama US/M berlangsung, Pengawas Ruang US/M wajib menjaga ketertibanm dan ketenangan suasan sekitar ruang ujian, memberi peringatan dan sangsi kepada peserta yang melalukan kecurangan, serta melarang orang lain yang tidak berkepentingan memasuki ruang US/M.
13. Pengawas Ruang US/M dilaramng memberi isyarat, petunjuk, dan bantua apapun kepada peserta berkaitan dengan jawaban dari soal US/M yang diujikan.
14. Lima menit sebelum waktu US/M selesai, Pengawas Ruang US/M memberi peringatan kepada peserta US/M bahwa waktu tinggal lima menit.
15. Setelah waktu US/M selesai, Pengawas Ruang US/M mengumpulkan LJUS/M dan naskah soal US/M .Peserta US/M dipersilahkan meninggalkan ruang ujian, setelah pengawas menghjitung jumlah LJUS/M sama dengan jumlah peserta US/M.
16. Pengawas Ruang US/M menyusun secara urut LJUS/M dari nomor peserta terkecil, dan memasukannya ke dalam anplop LJUS disertai dengan Daftar Hadir Peserta, dan kemudian ditutup serta ditanda tangani oleh Pengawas Ruang.US/M di dalam Ruang Ujian.
17. Pengawas Ruang US/M menyerahkan LJUS/M dan Naskah Soal kepada Penyelenggara US/M Tingkat Sekolah disertai dengan Berita Acara.
PANITIA PENYELENGGARA
US/M DAN US
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
TATA TERTIB PESERTA US/M DAN US
1. Peserta US/M memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan yakni 15 (limabelas) menit sebelum US/M dimulai.
2. Peserta US/M yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti UN/US setelah mendapat izin dari Ketua Penyelenggara US/M Tingkat Sekolah/Madrasah, tanpa diberi perpanjangan waktu.
3. Peserta US/M dilarang membawa alat komunikasi elektronik, kalkulator, tas, buku dan catatan dalam bentuk apapun ke dalam ruang ujian.
4. Peserta US/M membawa alat tulis menulis berupa pensil 2B, penghapus, penggaris, dan bolpoin berwarna hitam/biru serta kartu tanda peserta ujian
5. Peserta US/M mengisi daftar hadir.
6. Peserta US/M mulai mengerjakan soal setelah ada tanda waktu mulai ujian.
7. Peserta US/M mengisi identitas pada LJUS/M secara lengkap dan benar.
8. Peserta US/M yang memerlukan penjelasan cara pengisian identitas pada LJUN dapat bertanya pada Pengawas Ruang US/M dengan cara mengacungkan tangan terlebih dahulu.
9. Selama UN/US berlangsung, peserta US/M hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dan pengawasan dari Pengawas Ruang US/M, serta tidak melakukan berulang kali.
10. Peserta US/M yang memperoleh naskah soal yang cacat atau rusak, pengerjaan soal tetap dilakukan sambil menunggu penggantian naskah soal.
11. Peserta US/M yang meninggalkan ruangan setelah membaca soal dan tidak kembali lagi sampai tanda selesai dibunyikan, dinyatakan telah selesai menempuh/mengikuti UN/US pada mata pelajaran yang terkait.
12. Peserta US/M yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu UN/US berakhir tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan sebelum berakhirnya waktu ujian.
13. Peserta US/M berhenti mengerjakan soal setelah ada tanda berakhirnya waktu ujian .
14. Selama US/M berlangsung, peserta US/M dilarang :
a. Menanyakan jawaban soal kepada siapapun;
b. Bekerjasama dengan peserta lain;
c. Memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal;
d. Memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain;
e. Membawa naskah soal US/M dan LJUS/M keluar dari ruang ujian;
f. Menggantikan atau digantikan oleh orang lain.
PANITIA PENYELENGGARA US SD/MI
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DAFTAR HADIR PESERTA
UJIAN SEKOLAH (U.S)/M
Sekolah : SD Negeri 2 Lungbenda Ruang : 1 ( satu )
Kecamatan : Palimanan Pukul : ………………
Kabupaten : Cirebon Tanggal : ………………
No. No. Peserta Nama Peserta
Tanda Tangan
1 16-410-001-8 JESI TETI TIARA 1
2 16-410-002-7 MUHAMMAD FAISAL 2
3 16-410-003-6 ADAM FIRDAUS 3
4 16-410-004-5 ALDIYANTO 4
5 16-410-005-4 AHMAD DANI 5
6 16-410-006-3 AKHMAD BAHARUDIN 6
7 16-410-007-2 APID FUDIN 7
8 16-410-008-9 AMAS 8
9 16-410-009-8 ANTI SILVIANTI 9
10 16-410-010-7 AZIZAH 10
11 16-410-011-6 DEWI RUNI 11
12 16-410-012-5 DINDA HANAYA 12
13 16-410-013-4 EKA MULYAWATI 13
14 16-410-014-3 FAJAR HADIYANSAH 14
15 16-410-015-2 FALUNGGA FERDIANSYACH 15
16 16-410-016-9 FAUAYUS SETIAWAN 16
17 16-410-017-8 FATIMAH AZ-ZAH RA 17
18 16-410-018-7 HABIL FATUROHMAN 18
19 16-410-019-6 HARTONO 19
20 16-410-020-5 IDA JULIANTI 20
Lungbenda, ……………….2014
Pengawas I, Pengawas II,
Tanda tangan : ………………………. Tanda tangan : ………………………
Kode Pengawas : ………………………. Kode Pengawas : ………………………
NIP : ………………………. NIP : ………………………
* ) Diisi dengan mata pelajaran ujian pada waktu itu
PANITIA PENYELENGGARA UN DAN US SD/MI
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DAFTAR HADIR PESERTA
Sekolah : SD Negeri 2 Lungbenda Ruang : 2 ( dua )
Kecamatan : Palimanan Pukul : ………………
Kabupaten : Cirebon Tanggal : ………………
No. No. Peserta Nama Peserta
Tanda Tangan
21 16-410-021-4 INTAN AGUSTIN 21
22 16-410-022-3 JUMALI 22
23 16-410-023-2 KARINAH 23
24 16-410-024-9 KOHERUNNISA 24
25 16-410-025-8 MORISA PUTRI EMILIYANA 25
26 16-410-026-7 MOCHAMAD YASIN FAHRUN 26
27 16-410-027-6 NIZAR AHMED 27
28 16-410-028-5 RINI 28
29 16-410-029-4 RINA 29
30 16-410-030-3 RINA ERLINA 30
31 16-410-031-2 RISKA TAMARA 31
32 16-410-032-9 SITI SARAH 32
33 16-410-033-8 MUDZAFFAR 33
34 16-410-034-7 KHOIRUNNISA 34
35 16-410-035-6 ANDRIAN SYAH FE'I 35
36 16-410-036-5 MUHAMMAD RIZKI FEBRIANTO 36
Lungbenda, ……………….2014
Pengawas I, Pengawas II,
Tanda tangan : ………………………. Tanda tangan : ………………………
Kode Pengawas : ………………………. Kode Pengawas : ………………………
NIP : ………………………. NIP : ………………………
*)Diisi dengan mata pelajaran ujian pada waktu itu
PANITIA US SD/M
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DAFTAR HADIR PENGAWAS RUANG
NO. HARI DAN TANGGAL NAMA PENGAWAS RUANG TANDA TANGAN KET
1 SENIN,19 MEI 2014 1. AYATIN,S.Pd 1 1………….
2. AGUS SUKADI,S.Pd.MM.Pd 2…………
1. TITIN SUYANTINI,S.Pd 2 1………….
2. AWI KADNAWAWI,A.Ma.Pd 2…………
2 SELASA,20 MEI 2014 1. TITIN SUYANTINI,S.Pd 1 1………….
2. AGUS SUKADI,S.Pd.MM.Pd 2…………
1. AYATIN,S.Pd 2 1………….
2. AWI KADNAWAWI,A.Ma.Pd 2…………
3 RABU,21 MEI 2014 1. TITIN SUYANTINI,S.Pd 1 1………….
2. AWI KADNAWAWI,A.Ma.Pd 2…………
1. AYATIN,S.Pd 2 1………….
2. AGUS SUKADI,S.Pd.MM.Pd 2…………
Lungbenda, 17 Mei 2014
Kepala SDN 2 Palimanan Timu
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : 19581104 197912 2 005
PANITIA PENYELENGGARA US SD/MI
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DAFTAR NILAI UJIAN TERTULIS
Sekolah : SDN 2 Lungbenda Tanggal : ………………………
Ruang : 1 ( satu ) Waktu : ………………………
No Nomor ** Nilai
Kode Peserta Pemeriksa I Pemeriksa II Pemeriksa III
Dengan
Angka Dengan
Huruf Dengan
Angka Dengan
Huruf Dengan
Angka Dengan
Hueruf
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
Lungbenda, ……………2015
Mengetahui;
Ketua Panitia
Kepala SDN 2 Lungbenda Pemeriksa I; Pemeriksa II;
NANI ASIH,S.Pd.SD KUSUMA ANGGRAENI,S.Pd Hj.SUNANI,S.Pd.SD
NIP : 19581104 197912 2 005 NIP : NIP : 19650513 198612 2 002
* Diisi dengan mata pelajaran pada waktu itu
** Nomor diisi oleh pemeriksa dan Nomor Panitia diisi oleh Ketua Panitia.
PANITIA PENYELENGGARA UN DAN US SD/MI
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
DAFTAR NILAI UJIAN TERTULIS
Sekolah : SDN 2 Lungbenda Tanggal : ………………………
Ruang : 2 ( dua) Waktu : ………………………
No Nomor ** Nilai
Kode Peserta Pemeriksa I Pemeriksa II Pemeriksa III
Dengan
Angka Dengan
Huruf Dengan
Angka Dengan
Huruf Dengan
Angka Dengan
Hueruf
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
Lungbenda, ……………2014
Mengetahui;
Ketua Panitia
Kepala SDN 2 Lungbenda Pemeriksa I; Pemeriksa II;
NANI ASIH,S.Pd.SD KUSUMA ANGGRAENI,S.Pd Hj.SUNANI,S.Pd.SD
NIP : 19581104 197912 2 005 NIP : NIP : 19650513 198612 2 002
* Diisi dengan mata pelajaran pada waktu itu
** Nomor diisi oleh pemeriksa dan Nomor Panitia diisi oleh Ketua Panitia.
PANITIA PENYELENGGARA UN DAN US SD/MI
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
DAFTAR NILAI UJIAN TERTULIS
Sekolah : SDN 2 Lungbenda Tanggal : ………………………
Ruang : 3 ( tiga ) Waktu : ………………………
No Nomor ** Nilai
Kode Peserta Pemeriksa I Pemeriksa II Pemeriksa III
Dengan
Angka Dengan
Huruf Dengan
Angka Dengan
Huruf Dengan
Angka Dengan
Hueruf
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
Lungbenda, ……………2014
Mengetahui;
Ketua Panitia
Kepala SDN 2 Lungbenda Pemeriksa I; Pemeriksa II;
NANI ASIH,S.Pd.SD KUSUMA ANGGRAENI,S.Pd Hj.SUNANI,S.Pd.SD
NIP : 19581104 197912 2 005 NIP : - NIP : 19650513 198612 2 002
* Diisi dengan mata pelajaran pada waktu itu
** Nomor diisi oleh pemeriksa dan Nomor Panitia diisi oleh Ketua Panitia.
LOKASI U.S/M(Ujian Sekolah)
SD NEGERI 2 LUNGBENDA
PANITIA PENYELENGGARA
UJIAN SEKOLAH US/M
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SD NEGERI 2 LUNGBENDA
KARTU TANDA PESERTA
No. Peserta : ……………………………
Nama : ……………………………
Tmp.& Tanggal lahir : ……………………………
Asal Sekolah : ……………………………
Kode Subrayon : ……………………………
Cirebon ,…………………………. 2014
Kepala Sekolah
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : 19580628 197803 2 00 7
No. Peserta : ……………………………
Nama : ……………………………
Tmp.& Tanggal lahir : ……………………………
Asal Sekolah : ……………………………
Kode Subrayon : ……………………………
Cirebon ,……………………….......2014
Kepala Sekolah
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : 19580628 197803 2 00 7
PANITIA PENYELENGGARA
UJIAN SEKOLAH US
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SD NEGERI 2 LUNGBENDA
SURAT IJIN MASUK / MENINGGALKAN RUANGAN
Yang bertanda tangan di bawah ini Panitia Ujian Sekolah US/M dan US Tahun pelajaran 2015/ 2014 dengan ini memberikan ijin kepada :
Nama : ……………………………………………..
Nomor Peserta : ……………………………………………..
Ruang : ……………………………………………..
Alasan : ……………………………………………..
…………………………………………….
Demikian surat ijin ini kami buat, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Lungbenda,………………………..2014
Panitia Ujian
Ketua
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : . 19581104 197912 2 005
PANITIA PENYELENGGARA
SD NEGERI 2 LUNGBENDA
US/M DAN US
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SURAT PERNYATAAN TELAH MELAKSANAKAN TUGAS
Nomor : …421.2/ 0....... - SD
Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala SD Negeri 2 Lungbenda Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon, memberi tugas kepada :
Nama : NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : 19530628 197803 2 007
Pangkat/Gol.Ruang : Pembina IV/a
Jabatan : Ketua Panitia Penyelenggara UN dan US
Tahun 2014/2015
Dengan ini menyatakan bahwa :
Nama : ……………………………
NIP : ……………………………
Pangkat/Gol.Ruang : ……………………………
Jabatan : Guru
Unit Kerja : SD Negeri ……………….
a. Telah melaksanakan kegiatan menguji / mengawas / * US/M dan US Tahun Pelajaran 2014/2015 dari tanggal 06 S/D 08 Mei 2015. semua mata pelajaran yang diujikan.
b. Telah melaksanakan kegiatan mengoreksi hasil US Tahun Pelajaran 2014/2015 tanggall ……………… sd. …………………………… mata pelajaran ………………………………………
Demikian pernyataan ini kami buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Lungbenda, 17 Mei 2014
Ketua Panitia Penyelenggara
Kepala SDN 2 Lungbenda
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : 19581104 197912 2 005
PANITIA PENYELENGGARA
US/M DAN US
SDN 2 LUNGBENDA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
PENYERAHAN NASKAH UJIAN SEKOLAH (US)/M
Ketua Panitia Penyelenggara Ujian Sekolah US/M dan US Tahun Pelajaran 2014/2015 menyerahakan Naskah Soal Ujian kepada masing-masing Pengawas Ruang sebagai berikut :
No Hari & Tanggal Mata Pelajaran Ruang Banyak
Ket.
1.
Senin,
19 Mei 2015
Bahasa Indonesia
1
2
1 Amplop besar
1 Amplop besar
Lungbenda, 17 Mei 2014
Yang Menerima Yang Menyerahkan
Pengawas Ruang Kepala Sekolah Selaku Ketua Panitia
1. Ruang 1 : …………….......... ( …………….)
2. Ruang 2 : …………………… ( ………..… .)
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP : 19580603 197803 2 007
PANITIA PENYELENGGARA
US/M DAN US
SD NEGERI 2 LUNGBENDA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
PENYERAHAN HASIL UJIAN SEKOAH US/M
Kami Pengawas Ruang Ujian Sekolah US/M dan US Tahun Pelajaran 2014/2015 menyerahkan Lembar Jawaban Hasil Ujian, kepada Ketua Panitia Penyelenggara US/M dan US SD Negeri 2 Lungbenda sebagai berikut :
No Hari & Tanggal Mata Pelajaran Ruang Banyak
Ket.
1.
Senin,
19 Mei 2015
Bahasa Indonesia
1
2
1Amplop LJ
Isi 20 lembar
1Amplop LJ
Isi 20 lembar
Lungbenda, Mei 2014
Yang Menerima Yang Menyerahkan
Kepala Sekolah Pengawas Ruang
Selaku Ketua Panitia
1. Ruang 1 : ……………………( …………….)
2. Ruang 2 : …………………….( ……………)
NANI ASIH,S.Pd.SD 3. Ruang 3 : …………………… ( ……………)
NIP : 19581104 197912 2 005
JADWAL UJIAN PRAKTIK
SD NEGERI 2 LUNGBENDA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
NO HARI/ TANGGAL MATA PELAJARAN PENGUJI
1 Senin, 15 April 2015 Pendidikan Agama Islam MAKHMUD BUDIMAN,S.Pd.I
2 Selasa, 16 April 2015 Bahasa Indonesia KUSUMA ANGGRAENI,S.Pd
3 Rabu, 17 April 2015 IPA Hj.SUNANI,S.d.SD
Bahasa Cirebon TUNAJI,A.Ma.Pd
4 Kamis, 18 April 2015 Bahasa Sunda SRI NANI
5 Jum’at,19 April 2015 SBK EMY YUDIASTUTY,S.Pd.SD
SUHERTIN,A.Ma.Pd
6 Sabtu 20 April 2015 PJOK RUSLANI,S.Pd
JADWAL UJIAN SEKOLAH (U.S)
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
NO Jenis US HARI DAN TANGGAL WAKTU MATA PELAJARAN
1. US Utama Senin, 14 April 2015 07.30-09.00
09.30-11.00 Pendidikan Agama
Pend. Kewarganegaraan
US Susulan Senin, 21 April 2015
2. US Utama Selasa 15 April 2015 07.30-09.00
09.30-11.00 Ilmu Pengetahuan Sosial
Bahasa Sunda
US Susulan Selasa 22 April 2015
3. US Utama Rabu, 16 April 2015 07.30-09.00
09.30-11.00 Bhs. Indonesia
Bhs. Cirebon
US Susulan Rabu, 23 April 2015
4. US Utama Kamis, 18 April 2015 07.30-09.30
10.00-11.30 Matematika
Budi Pekerti
US Susulan Kamis, 24 April 2015
5. US Utama Jum’at, 19 April 2015 07.30-09.30
10.00-11.30 IPA
Bahasa Inggris
US Susulan Jum’at 25 April 2015
JADWAL UJIAN SEKOLAH (US/M)
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
NO Jenis US/M HARI DAN TANGGAL WAKTU MATA PELAJARAN
1. US/M Utama Senin, 19 Mei 2015 08.00 – 10.00 Bahasa Indonesia
US/M Susulan Senin, 26 Mei 2015
2. US/M Utama Selasa 20 Mei 2015 08.00 – 10.00 Matematika
US/M Susulan Selasa 27 Mei 2015
3. US/M Utama Rabu, 21 Mei 2015 08.00 – 10.00 Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
US/M Susulan Rabu, 28 Mei 2015
PANITIA PENYELENGGARA
UJIAN SEKOLAH US/M
SD NEGERI 2 LUNGBENDA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
JADWAL PENGAWAS RUANG PRA UAS
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
NO Jenis PRA US HARI DAN TANGGAL WAKTU MATA PELAJARAN PENGAWAS RUANG
I II
1. UN Utama Senin, 21 April 2015 10.00 -12.00 BAHASA INDONESIA A B
C D
2. UN Utama Selasa 22 April 2015 10.00 -12.00 MATEMATIKA B A
D C
3. UN Utama Rabu, 23 April 2015 10.00 -12.00 IPA A D
C B
4. UN Utama Kamis, 24 April 2015 10.00 -12.00 Pendidikan Agama Islam D C
B A
Keterangan :
A.=
B =
C =
D =
Lungbenda, 17 Mei 2014
Kepala SD Negeri 2 Lungbenda
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP: 19580628 197803 2 007
PANITIA PENYELENGGARA
UJIAN SEKOLAH US/M
SD NEGERI 2 LUNGBENDA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
JADWAL PENGAWAS RUANG
UJIAN SEKOLAH (US/M)
TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD)
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
NO
HARI DAN TANGGAL
JAM
KE WAKTU RUANG UJIAN NASIONAL KET
I II III
1 Senin
19/05/2015 I 08.00-10.00 A/B C/D E/F
2 Selasa
20/05/2015 I 08.00-10.00 C/E AF B/D
3 Rabu
21/05/2015 I 08.00-10.00 D/F B/E A/C
KETERANGAN :
A = . . . . . . . . . . . . . . . . (Nama Pengawas)
B = . . . . . . . . . . . . . . . . (Nama Pengawas)
C = . . . . . . . . . . . . . . . . (Nama Pengawas)
D = . . . . . . . . . . . . . . . . (Nama Pengawas)
Lungbenda, 17 Mei 2014
Kepala SD Negeri 2 Lungbenda
NANI ASIH,S.Pd.SD
NIP: 19580628 197803 2 007
PANITIA PENYELENGGARA
UJIAN SEKOLAH US/M
SD NEGERI 2 LUNGBENDA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : ……………………….
NIP : ……………………….
Jabatan / Pekerjaan : Guru SD
Unit Kerja : ………………………
Sebagai pelaksana dalam kegiatan Ujian Sekolah (US/M) dengan ini menyatakan :
1. Menyadari hakekat dan kerahasiaan penyelenggaraan Ujian sekolah US/M sebagai tugas negara yang penyelenggaraannya diserahkan kepada saya.
2. Akan memegang teguh kerahasiaan tersebut.
3. Tidak akan memberitahukan/menyampaikan atau membocorkan kepada siapun, segala sesuatu yang telah saya ketahui dan saya kerjakan dalam pelaksanaan tugas tersebut di atas, dengan cara apapun, baik langsung maupun tidak langsung.
Pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dalam keadaan sadar, tanpa dipaksa oleh pihak lain. Saya tanda tangani dengan penuh tanggung jawab dan menyadari apabila saya melakukan perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan pernyataan di atas saya bersedia dituntut sesuai dengan Undang-undang / hukum yang berlaku.
Dibuat di : Lungbenda
Pada tanggal : 17 Mei 2015
Yang membuat pernyataan
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Nip. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
0 komentar:
Post a Comment